Selamat Datang di personal weblog Triyani

Selamat Membaca semoga bermanfaat. Untuk kritik, saran dan pertanyaan lebih lanjut silahkan email ke triyani08@yahoo.com
Silahkan Kunjungi Blog yang lebih Up to date di http://triyani.wordpress.com

Selasa, Januari 11, 2005

Sahabatku di Aceh

Sejak 26/12/2004, saat pertama kali mengetahui ttg gempa bumi dan gelombang tsunami yg tjd di aceh, aku teringat dengan salah seorang sahabatku di Banda Aceh, Surya Mutiara.

Melihat dan mendengar berita ttg Banda Aceh dg kerusakan yang sedemikian rupa, melihat begitu banyaknya korban yang meninggal, melihat begitu banyaknya keluarga yang saling terpisahkan...aku hanya bisa menangis dan berdoa semoga mereka semua tabah dan ikhlas, Semoga derita itu segera berakhir. Meskipun demikian aku sangat berharap surya dan keluarganya dalam keadaan selamat. Tapi aku tidak tahu bagaimana caranya utk mengetahui keadaannya. Pikiranku melayang... mengenang awal kita saling kenal dan perjalanan persahabatan kita.

**
Meskipun sampai saat ini kita belum pernah bertemu langsung, tapi kita sudah lebih dari 3 tahun saling berkirim email, dan telepon. Berawal dari reply postinganku di Milis M3B utk sharing file terjemah qur'an.. terus berlanjut dg saling berkirim email lainnya, ttg berbagai tausiyah dan kisah. Senang sekali ketika akhirnya kamu telepon aku. Dan setiap telepon begitu banyak pengalaman yang kamu bagikan, begitu banyak motivasi2 agar kita selalu ber-amar ma'ruf nahy munkar, utk selalu "berda'wah" dst. Thanks untuk semua itu. Semoga Allah membalas kebaikan kamu dg pahala yang lebih banyak. Semoga itu semua menjadi amal sholeh. Satu hal yang masih terus melekat dibenakku, dan saat ini terasa begitu menyentuh adalah ttg pandanganmu thd kematian. Dan saat ini, ketika begitu banyak saudara2 di Aceh yang pergi menghadap-Nya.... aku yakin, bahwa kamu akan bisa menghadapinya dengan Ikhlas dan tabah.
**

Aku masih terus bertanya2 (dalam hati).. bagaimana.. keadaanmu disana, tapi aku tak tahu harus bertanya kemana.. :(. Internet Browsing, diskusi dengan teman2 dimilis.. semua tdk lepas dari ttg kondisi Saudara2 di Aceh. Kami yang diluar aceh, ikut merasakan betapa berat beban yang harus dihadapi dlm kondisi seperti itu. dan kami berusaha utk bisa memberikan bantuan semaksimal mungkin.

Sampai tgl 3 Jan 2004, aku baru menyadari bhw salah satu member milis tax-ina (zulfan) juga ada di banda aceh. Meskipun zulfan tidak pernah posting di milis, apalagi ikutan diskusi, tapi members lain cukup memperhatikan thd keberadaan member lainnya. saat itu aku membaca email bang parlin yg mengingatkan kalau zulfan ada di aceh. setelah ada member lain yang mencoba menghubunginya, aku tahu kalau Zulfan dalam keadaan selamat. Alhamdulillah. Aku berusaha utk menanyakan keadaan Surya melalui Zulfan, dengan harapan mereka saling kenal. Tapi sayang, aku belum bisa memperoleh informasi ttg surya, krn Zulfan tdk mengenalnya. :(

*****
Ahad, 09 Jan 2005.
Hari ini ada janji sama teman2 kantor + Julianti untuk ketemu. Oh ya, Julianti ini dulunya salah satu temen kantor juga, dan pernah kost bareng. tapi saat ini dia sudah pindah ke bandung. Karena Jum'at-Senin ini dia sedang ada di Jakarta, jadi janjian main bareng dehh. Ketemu di the Plangi, ngobrol2.. makan & ngiterin Plangi, gak terasa dari jam 14.00 tiba2 udah menjelang jam 17.00. Dan Aku harus pulang. :)
Dalam perjalanan menuju Tomang, iseng aku cek HP. oh my God... I get Missed Call from +62651.... ini nomor Aceh khan. dalam hati aku bertanya2 siapa yang meneleponku.. Surya kah.. atau jangan2 ada salah seorang temanku yang jadi sukarelawan kesana. Berkali2 aku coba utk menelpon balik... tapi telepon tsb tdk dapat dihubungi.. :(. Aku Nyesel banget.. krn ga denger bunyi HP dikeramaian. yeahh.. tapi siapapun yg menghubungiku, aku berdo'a semoga itu merupakan kabar baik :). Sampai malam aku masih mencoba utk menelepon balik, tapi tetap tdk bisa dihubungi... :(

****
Senin, 10 Jan 2005.
Seperti biasa, Hari Kerja di awal pekan lebih sering terasa malas.. :D. Jam 07.00 aku mulai bersiap2 utk pergi kerja. Begitu selesai mandi, aku mengambil HP utk men-set alarm. & Suprised... Missed call from... +62 651.... Again aku merasa menyesal sekali, krn berlama2 dikamar mandi, hingga aku melewatkan telepon. dan... saat aku akan mencoba utk call back, teleponku berbunyi.. dan.. calling from + 62651.... senang sekali akhirnya aku bisa menjawab telepon tsb. Alhamdulillah ya Allah, karena ternyata Surya yang menelponku. Suprised...!!.
*****

Surya, Terima kasih telah menghubungiku dan berbagi kisah ttg perjuangan kamu, tentang kondisi Aceh saat ini. Sungguh, aku takkan dapat menggambarkan dg tepat ttg apa yang kamu alami, tentang perjuangan kamu pada saat terjadinya gelombang tsunami, tentang perasaan kamu, dan tentang Saudara2 kita diaceh dan tentang semuanya....setelah gempa dan gelombang tsunami. Aku bersyukur sekali bhw kamu tetap bisa tegar, tabah dan Ikhlas menghadapi semua ini. Keikhlasan kamu, Kepasrahanmu terhadap Allah dlm menghadapi semua ini sungguh memberikan contoh yang nyata bagiku. Dalam keadaan seperti ini, kamu tetap dapat memberikan tausiyah, tetap berkhusnudzon terhadap Allah. Dalam kondisi sulit seperti itu, utk tetap bersikap seperti kamu.. bukanlah hal yang mudah. dan kamu mampu melakukan itu dengan baik. Itu Luar Biasa.. Subhanallah... !!. Aku berharap semoga Saudara2 di Aceh yang lain jg dapat bersikap seperti kamu.

Aku berdo'a, semoga ujian ini merupakan awal bagi "lahirnya" Aceh yang baru. Semoga hal ini akan semakin menguatkan kamu. Dan Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Semoga kita bisa meningkatkan ketaatan dan kepasrahan kita terhadap Allah. Ujian tsb merupakan bentuk kasih sayang (Rahiim) Allah.


****udahan dulu yaa*****

Tidak ada komentar:


Free shoutbox @ ShoutMix